Kamis, 20 September 2018

Tips menggunakan Air Cooler Agar Tetap Dingin dan Awet

Saat ini keberadaan Air Cooler  semakin menjamur dikalangan masyarakat. Hal ini tak lepas dari keunggulannya dari Air Conditioner yang terbukti lebih hemat daya listrik daripada Air Conditioner.
Disini penulis akan memberi tahu bagaimana tips dalam memakai Air Cooler sehingga Air Cooler milik Anda akan awet dan bisa dipakai dalam jang waktu yang panjang. Salah satu contohnya adalah bahwa Anda ngga boleh menggunakan air cooler tanpa adanya air di dalam tanki air cooler tersebut. Pernah dengar? Pasti belum kan. Nah air cooler itu beda sama air conditioner yang dingin, air cooler itu cuma sejuk.

Namun hingga saat ini masih ada orang yang menganggap bahwa Air Cooler merupakan versi kecil dari Air Conditioner. Apakah Anda tahu perbedaan dari Air Cooler dan Air Conditioner? Simak penjelasan berikut ini.
 
Perbedaan antara Air Cooler dan Air Conditioner ( AC)
 
Ciri ciri Air Cooler
 • Mengakibatkan suhu disekitar Air Cooler akan turun.
• Menurunkan suhu hanya mampu berkisar antara 3 sampai 5 derajat celsius saja
• Kurang efesien dan efektif pada lokasi atau wilayah yang memiiki kelembaban tinggi
• Relatif lebih murah dan hemat arus listrik yaitu antara 60 sampai 100 watt saja

Ciri ciri air conditioner

• Memberikan efek dan sensasi ruangan menjadi lebih kering.
• Dapat menurunkan suhu ruangan menjadi benar benar dingin
• Pada wilayah yang bersuhu tinggi, Ac tetap mampu memberikan sensasi sejuk yang sesuai dengan keinginan kita
• Relatif mahal dan boros listrik yaitu pada awal pengoperasiannya butuh biaya 300 watt lebih
• Digunakan hanya pada tempat atau ruangan yang tertutup
Tips menggunakan Air Cooler Agar Tetap Dingin dan Awet

Simak tips dalam menggunakan Air Cooler agar kesejukan ruangan selalu maksimal dan Air Cooler Anda dapat bertahan pada pemakaian jangka lama.
 

Letakkan Air Cooler didalam ruangan yang tidak tertutup rapat
Taruh Air Cooler pada posisi dimana siruklasi udara dapat berganti dengan baik misalnya didekat jendela atau disamping pintu. Usahakan agar mendapat udara yang banyak sehingga kinerja Air Cooler juga baik. Air Cooler tidak cocok digunakan dalam ruangan yang tertutup karena udara sejuk yang diinginkan justru menjadi panas karena sirkulasi udara tidak bisa terjadi.


Air dingin atau es batu
Usahakan agar selalu mengisi air didalam tangki dengan air dingin dan es agar udara yang dikeluarkan tetap dingin dan sejuk. Udara sejuk tidak akan dapat Anda rasakan dengan baik melainkan hanya seperti angin yang menerpa kulit dan menghasilkan rasa sejuk yang tidak maksimal.
 

Membersihkan secara berkala
Rutinlah membersihkan filter dan tangki air agar kerja Air Cooler juga tetap maksimal dan tetap menghembuskan angin yang sejuk. Jika Anda malas untuk membersihkan Air Cooler Anda maka berbagai kotoran dan virus akan berkembang biak didalam Air Cooler Anda sehingga Udara yang dihasilkan Air Cooler menjadi tidak sehat dan dengan adanya banyak kotoran didalam Air cooler akan menyebabkan Air Cooler cepat rusak.

Jauhkan dari peralatan elektronik

Hal buruk yang paling sering menimpa pemilik Air Cooler adalah ketidaktahuan dalam meletakkan Air Cooler. Jauhkan peletakanAir Cooler dari peralatan elektronik lain semacam TV, Radio, Smartphone, Komputer dan lain lain. Efek angin yang dikeluarkan Air Cooler cenderung dingin yang melembabkan ruangan sehingga bisa saja membuat kinerja elektronik semakin berat dan membuatnya menjadi lebih rentan akan kerusakan. 

Menjaga kebersihan lingkungan
Biasakanlah untuk selalu menjaga kebersihan agar pergantian sirkulasi udara tetap terjadi dengan baik. Hindari tumpukan barang yang tidak perlu atau hindari penataan benda benda yang terlalu banyak dan berantakan. Udara dingin yang dihasilkan Air Cooler hanya bisa dirasakan pada ruangan sedikit barangnya dan tidak terkesan berantakan, terdapatventilasi udara yang lebar dan penerangan cukup.

Pewangi ruangan
Anda juga bisa meletakkan pewangi ruangan didepan Air Cooler sehingga bau harum akan tercium diseluruh ruangan Pewangi ruangan juga bisa diletakkan pada jarak setengah meter dari Air Cooler agar keharuman yang didapat bisa lebih lama dan awet.

Itu tadi artikel tentang tips menggunakan Air Cooler. Kalau Anda mau membeli air cooler yang paling worth it, monggo silakan di cek air cooler merek Honeywell. Honeywell air cooler ini setau saya merupakan merek yang udah terkenal di dunia, saya ngomongin khusus air coolernya ya. Karena kalo saya teliti, mereka bahkan punya lab sendiri untuk produksi air cooler yang tepat untuk setiap daerah. Beda sama beberapa merek lain yang cuma jadi reseller barang-barang yang beli dari Tiongkok. Si Honeywell ini justru mendesign sampai memproduksi semuanya sendiri. Semoga bermanfaat untuk anda.


EmoticonEmoticon