Rabu, 10 Januari 2018

Jangan Sampai Smartphone Mati Saat Traveling!


foto:bukalapak.com

Satu hal yang tidak boleh Tertinggal saat traveling adalah smartphone. Kalau sampai smartphone tertinggal rasanya akan ada yang sangat kurang. Sama halnya kalau smartphone mati saat traveling. Zaman sekarang hampir segala hal akan melibatkan smartphone didalamnya.

Hampir tidak mungkin rasanya kita tidak menggunakan smartphone di setiap kegiatan kita. Apalagi saat traveling. Pasti mulai dari pesan hotel di Bali, membaca peta, browsing informasi tentang destinasi, mencari alamat, mencari nomor telepon darurat, sampai mencari jalan menuju penginapan pasti akan menggunakan smartphone. Begitu juga saat kita butuh untuk membuka aplikasi booking hotel, smartphone adalah benda yang paling utama.


Mengabadikan momen selama perjalanan juga pasti membutuhkan peran smartphone. Mulai dari memotret pemandangan atau membuat video perjalanan atau bahkan posting instastory di Instagram. Kalau sampai smartphone mati di dalam perjalanan rasanya jiwa kamu juga seperti mati.

Pertama-tama kamu akan mengalami yang namanya serangan panik, kondisi kamu akan lebih parah lagi ketika tidak membawa charger smartphone. Atau ketika kamu tidak menemukan colokan di sekitar kamu. Atau bahkan kondisi terburuk adalah kamu tidak membawa charger dan tidak menemukan lokasi colokan listrik di dekat kamu.

Akan sangat gawat apabila kamu sedang dalam perjalanan dan mencari alamat sambil melihat smartphone lalu smartphone tersebut mati dan kamu belum menemukan tempat itu. Nah dari kondisi itu kamu sudah tahu kan kalau smartphone itu betapa penting dalam kehidupan sehari-hari travelling.

Kali ini kita akan membahas bagaimana supaya saat travelling jangan sampai smartphone kita mati. Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah menghemat baterai smartphone. Bagaimana sih caranya? Banyak lho yang belum tahu. Yuk kita simak deretan tips berikut ini!

     Puasa dulu bermain game selama traveling
Logikanya begini, kamu sudah jauh-jauh sebuah destinasi untuk liburan tapi kenapa kamu harus masih berkutat dengan game yang ada di dalam smartphone kamu. Kalau ingin melakukan itu sih nggak usah mahal-mahal melakukan sebuah liburan. Main game di kamar juga bisa. Gratis lagi.

Tahukah kamu, aplikasi game apalagi game online adalah hal pertama yang paling menguras baterai smartphone. Mungkin memang pembelaannya adalah game tersebut harus diselesaikan pada satu waktu tertentu. Kalau memang begitu usahakan untuk bermain game ketika kamu yakin bahwa ada colokan listrik di sekitar situ dan kamu membawa charger smartphone kamu.

Lagipula kalaupun kamu merasa bosan atau harus menunggu sesuatu, lebih baik kamu melakukan hal lain seperti misalnya membaca buku atau yang lebih baik lagi adalah bercengkrama dengan sesama traveler di sekitar situ. Hitung-hitung kamu menambah koneksi juga bertukar informasi sehingga kamu jadi lebih berwawasan luas.

     Matikan mode wifi ketika dalam sebuah perjalanan
Langkah selanjutnya untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan mematikan wifi. Kalau memang kamu sedang mencari jalan atau membaca peta ada triknya supaya baterai smartphone kamu tetap awet. Caranya adalah dengan mengcapture peta ataupun arah jalan yang akan kamu lalui, sehingga kamu bisa melihatnya tanpa koneksi internet. Melihat saja di galeri.

Sesungguhnya jika mode wifi terus menyala sepanjang perjalanan itu akan menguras daya baterai smartphone kamu. Kenapa? Karena sepanjang perjalanan, smartphone akan terus menerus berusaha mencari koneksi wifi di setiap kaki kamu melangkah. Nah, selama mencari sinyal ini lah smartphone akan terus bekerja dan terus terkuras dayanya.

Cukup nyalakan wifi selama di kamar, karena itu penting untuk pesan hotel di Bali yang memiliki fasilitas gratis wifi.

     Tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan
Aplikasi yang terus berjalan akan terus menguras daya baterai karena mesin prosesor smartphone akan tetap menjalankan aplikasi tersebut. Sering lihat kan fitur close all apps di smartphone, nah itulah gunanya. Coba maksimalkan penggunaannya dan buatfitur itu jadi lebih bermakna.

Lagipula, cara ini juga bisa membuat kecepatan smartphone lebih prima karena mesin prosesor tidak harus bekerja terus menerus untuk menjalankan aplikasi yang sebenarnya sedang tidak digunakan.

     Kurangi brightness layar
Tidak banyak yang menyangka kalau hal ini bisa berpengaruh cukup besar dalam menghemat baterai smartphone lho. Semakin terang pasti semakin butuh daya baterai dari smartphone untuk menyalakan lampu lampu LCD di dalamnya. Coba kurangi dan gunakan brightness cukup  30% saja. Jadi baterai bisa awet. Kan sedang liburan juga, kurangi juga dong menatap layar smartphone terus terusan.

     Maksimalkan fitur batery saving
Di beberapa merk smartphone ada yang mempunyai fitur ini. Gunanya apalagi kalau bukan untuk menghemat daya baterai. Cuma ya dengan begini ada beberapa fitur lain dan aplikasi yang dijalankan tidak secara maksimal. Tapi ini akan sangat berpengaruh dengan penghematan daya baterai smartphone kamu.

Itu cara untuk menghemat baterai smartphone agar jangan mati saat kamu traveling. Kalau cara untuk menghemat uang selama traveling ada di artikel lainnya. Nah, kalau kamu tahu betapa pentingnya baterai smartphone coba kamu pesan hotel di Bali yang lokasinya ada di tengah-tengah destinasi yang akan kamu kunjungi. Tujuannya adalah supaya kamu bisa dengan mudah mengisi daya baterai di kamar hotel tanpa harus jauh berjalan. Coba cermat saat mencarinya di aplikasi booking hotel, ya!

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon