Senin, 15 Mei 2017

Ragam Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Beli Rumah Pertama Kali

Tags

Rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi dan dimiliki oleh sebuah keluarga. Selain itu rumah tidak hanya dapat dijadikan sebagai tempat tinggal yang nyaman dan menyenangkan, banyak orang membeli rumah untuk keprluan usaha atau untuk investasi properti yang menguntungkan. Namun sayangnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli dan mencari rumah dijual tidaklah sedikit. Julahnya pun tidak main main, bahkan untuk membeli satu unit perumahan di Bandung saja bisa merogoh kocek 150 juta hingga 300 juta rupiah.

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi sekarang untuk membeli rumah dengan cara mudah. Banyak pihak yang merasa prihatin dan resah akan kondisi ini. Hal ini dijadikan sebagai alasan yang cukup kuat untuk lembaga keuangan dan bank mengeluarkan program KPR atau Kredit Pemilikan Rumah guna membantu masyarakat yang tidak mampu membeli rumah secara tunai.
Namun sayangnya respon masyarakat yang luar biasa menanggapi hal ini justru menjadi boomerang sendiri untuk mereka yak tak jarang malah dirugikan dan berujung penyesalan tidak sedikit pula dari mereka yang langsung menjual kembali rumah yang barus saja mereka dapatkan.

Mengapa hal seperti ini bisa terjadi, tidak hanya satu bahkan hingga puluhan dan ratusan kasus yang terjadi. Hal ini terjadi karena kesalahan mereka saat membeli perumahan di Bandung pertama kali tanpa pertimbangan yang matang. Untuk menghindari segala penyesalah tersebut coba perhatikan beberapa kesalahan yang sering dilakukan masyarakat saat membeli rumah pertama kali ini agar dijadikan sebagai pelajaran yang berharga.


Tidak Punya Ilmu Dan Informasi Yang Memadai
Segala sesuatu hal yang terkait hubungan dengan properti seperti rumah, apartemen ataupun properti lainnya pasti sangat kompleks, perlu waktu yang tidak sebentar untuk menjalankan dan menghadapi segala prosesnya. Maka akan lebih baik jika sebelum kita membeli rumah atau mencari keberadaan rumah dijual untuk membekali diri dengan ilmu dan informasi yang memadai akan perkembangan dan tata cara menjalankan proses transaksi untuk tinggal di perumahan di Bandung. Saat ini informasi bisa dengan mudah kamu dapatkan tanpa perlu pergi ke perpusatakaaan daerah. Cukup duduk manis di depan komputer atau gadget kamu bisa melakukan pencarian terkait informasi yang kamu butuhkan.

Tidak Pahak Akan Kondisi Keuangan
Salah satu hal yang paling sering dilakukan masyarakat saat ini ketika membeli rumah ialah tidak mengetahui kondisi dan kestabila finansial sendiri. Yang terpenting yang ada dipikiran mereka ialah memiliki rumah sendiri dengan cara apapun secara cepat. Selain itu keinginan yang terlalu tinggi pun justru akan menimbulkan masalah rumit  bahkan ketika cicilan atau pembayaran pertama. Tidak salah memang jika memiliki keinginan untuk membeli rumah yang mewah dengan segala fasilitas yang lengkap. Namun sesuaikan pula hal ini dengan kemampuanmu untuk memilikinya. Apakah kamu mampu menyisihkan uang senilai itu setiap bulannya ? jangan sampai membeli rumah yang awalnya ingin mudah justru malah menyiksa.

Tidak Siap Dengan Biaya Ekstra
Perlu untuk selalu kamu ingat jika membeli rumah tidak hanya membutuhkan uang untuk membayar nilai jual rumah tersebut saja. Namun ada biaya – biaya ekstra atau tambahan lainnya yang perlu kamu tunaikan saat transaksi melunasi rumah. Biaya seperti notaries, appraisal hingga pajak properti perlu untuk disiapkan dan dipertimbangkan.

Tergiur Dengan Promosi
Promosi merupakan senjata para developer dan pengembang untuk menarik perhatian para calon pembeli. Dengan iming – iming hadiah, cicilan ringan hingga uang muka yang dimudahkan. Tidak sedikit penawaran tersebut adalah trik dan palsu semata. Ketelitian dan kejelianmu akan sangat dijuji keras saat memilih unit perumahan di Bandung yang akan kamu pilih. Salah – salah pilih ujungnya akan hadapi penyesalan mendalam. Jangan sampai hal ini terjadi padamu.

Tidak Melibatkan Ahli
Membayar ahli atau orang yang professional untuk memilih dan menentukan rumah dijual yang akan dibeli merupakah hal yang cukup sulit dikeluarkan oleh masyarakat. Padahal jika kita memanfaatkan jasa dan keahlian mereka kita juga akan diuntungkan. Tidak ada ruginya sama sekali untuk mengeluarkan kocek sedikit demi mendapatkan rumah aman yang pas dengan kebutuhan serta lancar saat menjalankan prosesnya. Mereka bisa memberikan saran tentang struktur bangunan, resiko terkena bencana di kemudian hari, lokasi strategis, lingkungan rumah hingga nilai jual rumah di kemudian hari.

Terburu – Buru
Tergesa – gesa untuk hal apapun merupakan perbuatan dan kebiasaan buruk yang harus segera dihilangkan dari muka bumi ini. Kebiasaan seperti ini akan memberikan kerugian yang cukup besar. Perlu kamu ingat bila membeli rumah tidak bisa disamakan dengan membeli pakaian, yang bila tidak suka bisa disimpan begitu saja di lemari. Hal inilah yang mengharuskan kamu untuk tidak terburu – buru untuk membeli rumah.

Pilih developer yang kompeten, dapat dipercaya dengan reputasi yang sangat baik. Jangan malas untuk memeriksa tranc record dan profil agen properti yang akan kamu pili. Pastikan mereka merupakan professional yang dapat diandalkan.

Jika membeli rumah dilengkapi dengan pemahaman dan informasi yang tepat serta mendalam dengan persiapan dan perencanaan yang matang. Untuk mewujudkan impian memiliki rumah bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Belajar dari kesalahan – kesalahan diatas agar keinginanmu tidak berakhir dengan penyesalan.


EmoticonEmoticon