Rabu, 08 Maret 2017

Penyebab diare dan cara mengatasinya

Tags

Berbagai Penyebab diare dan cara mengatasinya yang akan kami jelaskan disini, semoga bisa memberikan masukan dan tambahan informasi bagi anda yang terkena penyakit diare, karena penyakit ini kalau dibiarkan akan bertambah parah.

foto:andasehat.com

1.    Infeksi
Infeksi adalah faktor yang sering menjadi penyebab seseorang terkena diare. Dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan parasit. Sumber penyebaran yang paling sering adalah melalui air yang terkontaminasi oleh tinja atau kotoran. Dengan demikian penyakit ini lebih sering terjadi pada lingkungan dengan sanitasi air bersih yang kurang memadai, baik untuk minum, memasak dan mencuci (terutama peralatan makan). Rotavirus dan Bakteri Escherichia coli merupakan dua agen penyebab diare yang paling sering di negara berkembang.

2.    Non Infeksi
Selain infeksi faktor lain diantaranya yang sering menyebabkan alergi adalah :
•    Alergi :yang dominan terjadi adalah alergi karena makanan, contohnya alergi protein atau susu.
•    Obat – obatan : pengaruh konsumsi antibiotik biasanya dapat menyebabkan diare.
•    Psikologis : pengaruh psikologis seseorang juga dapat menyebabkan diare, contohnya ketika seseorang merasa cemas dan ketakutan berlebih, maka dapat menyebabkan diare secara tiba-tiba.
•    Penyakit usus : Penyakit usus juga bisa mempengaruhi seseorang terkena diare. Misalnya saja adalah penyakit usus seperti colitis ulserative, enterocolitis dan juga crohn disease.
•    Gangguan dalam tubuh misalnya terjadinya malabsorpsi dan gangguan metabolik juga dapat menyebabkan diare.

•    Malnutrisi : Kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan seseorang terkena diare. Misalnya kekurangan makanan kaya serat dan kurang gizi. Anak-anak yang kekurangan gizi akan lebih berisiko tinggi terkena penyakit diare dan akan menyebabkan gejala yang lebih buruk bagi mereka. Karena setiap terkena mencret, maka sudah pasti akan membuat mereka kekurangan gizi yang lebih buruk. Maka tak heran bahwa gizi buruk pada anak balita paling sering disebabkan oleh diare kronis.

1 komentar so far


Hey superb blog! Does running a blog like this require a massive amount work? I've virtually no expertise in computer programming however I was hoping to start my own blog in the near future. Anyhow, should you have any recommendations or techniques for new blog owners please share. I know this is off subject however I just wanted to ask. Cheers! craigslist orange county


EmoticonEmoticon