Rabu, 08 Maret 2017

Orangutan Island Wisata di Bukit Merah yang Mengasyikkan

Tags

Bagaimana rasanya jika Anda berada di pulau yang penuh dengan Orangutan? Mungkin ada perasaan takut, unik, senang dan takjub. Kalau Anda ingin melihat bagaimana Orangutan beradaptasi dan melakukan berbagai kegiatan di habitatnya, datanglah ke Orangutan Island. Letak pulau ini berada di Bukit Merah, Perak, Malaysia Perak dan merupakan tempat satu-satunya di dunia dimana Orangutan berkeliaran bebas. 
Orangutan Island mempunyai lahan sekitar 5,6 hektar dan 2 hektar diperuntukkan area konservasi binatang primata ini. Orangutan kecil akan direhabilitasi setelah dewasa dilepaskan ke alam bebas. Primata ini merupakan spesies tercerdas yang hidup bergelantungan di pohon dan secara berkelompok. Mereka berkumpul layaknya manusia, tapi yang jantan dewasa lebih suka menyendiri dari komunitasnya.
Usia Orangutan mencapai 30 tahun kalau dibiarkan hidup di alam bebas. Mereka dapat mengkonsumsi segalanya, mulai dari daun sampai telur buruh. Tapi yang paling favorit adalah buah-buahan dan yang paling utama penyokong kehidupan meraka. Meski terkadang masih bisa hidup dengan makan semut dan bermacam-macam serangga.
Selain berguna untuk mempelajari tentang Orangutan dan kehidupannya. Ada beberapa alasan mengapa Anda wajib mengunjungi Orangutan Island diantaranya karena bisa melihat keindahan alam yang asri dan menenangkan. Didekat sana terdapat objek wisata yang menakjubkan seperti Danau Bukit Merah, Red Arowana, Paddy Fields dan Bukit Gantang yang terkenal dengan duriannya. Anda bisa menginap di kawasan ini untuk merasakan suasana Bukit Merah ini.
Tempat yang menjadi favorit para wisatawan adalah Bukit Merah Laketown Resort yang letaknya didekat Danau Bukit Merah. Resort ini menyediakan beragam pilihan restoran dengan berbagai macam menu seperi sajian loka, chinese food dan western food. Masih ada fasilitas lainnya yang harus Anda coba diantaranya outbond, spa, waterpark dan lainnya.
Untuk tiket masuk Orangutan Island dikenakan tarif RM 20 atau Rp 60 ribu bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak RM 17 atau setara Rp 51 ribu bagi yang tingginya di bawah 90 cm. Sementara untuk manula atau lansia dan orang berkebutuhan khusus hanya dipatok RM 10 atau Rp 30 ribu saja. Taman ini dibuka pada pukul 09.00 – 17.00 setiap hari. Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan kapal feri dari pelabuhan Bukit Merah dan ditempuh dalam 10 menit.
Jika Anda ingin mengadopsi binatang primata ini dari Orangutan Island ada biayanya dan Anda akan mendapatkan sertifikat resmi.


EmoticonEmoticon