Rabu, 08 Maret 2017

Cara Merawat Alergi Kulit Pada Bayi

Pernakah Anda melihat bercak atau ruam merah pada bayi Anda? Mungkin saja itu sabagai alergi kulit pada bayi. Ruam ini bisa muncul dipipi, punggung leher, siku atau bagian tubuh lainnya. Pasti, bunda sangat khawatir akan hal ini. Karena umumnya ruam bintik-bintik ini akan disertai rasa gatal yang mengganggu aktivitas si kecil.
Si kecil akan menggaruk dan membuat ruam bertambah banyak. Bayi Anda juga akan menangis karena kekacauan pada tubuhnya itu. Tak usah panik bunda ada cara kok untuk mengatasinya. Anda harus mengaplikasikan beberapa langkah berikut ini untuk menyembuhkan alergi yang ada di kulit si kecil!
foto:teguhiw.me

Cara Mengatasi dan Menyembuhkan Alergi Pada Bayi
Hindari penyebabnya
Cari penyebab alergi kulit pada bayi Anda, kemudian hindarilah. Misalnya yang alergi ditimbulkan karena bekas susu. Maka, setelah ada susu yang menempel pada kulit si kecil, segera bersihkan dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Tapi, kalau alergi karena memakan sesuatu, janganlah beri dia makan-makanan pemicu alergi lagi. Untuk lebih jelasnya, bunda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui penyebab alergi.
Berikan perawatan pada kulit bayi
Aplikasikan krim bayi untuk mengobati alergi pada kulitnya. Gunakan setelah mandi dan setelah tidur. Kalau kulit bayi sangat sensitif, sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dahulu dan krimnya harus dari resep dokter. Ketika Anda memandikan si kecil, bersihkan alergi secara lembut supaya tidak terjadi iritasi. Setelah dibasuh menggunakan air langsung bersihkan dengan handuk lembut biar ruam tidak bertambah parah.
Jaga asupan makannya
Berikan asupan nutrisi yang tepat bagi si kecil untuk meredakan alergi pada kulit bayi. Sediakan sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari dan buatlah sebagai makanan yang mudah dicerna oleh si kecil. Nutrisi yang cukup akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda dan mempercepat proses penyembuhannya.
Mungkin dokter akan memberikan obat antihistamin dan steroid untuk bayi Anda. Berikan obat tersebut sesuai dengan resep dari dokter. Selama sedang sakit jangan biarkan si kecil terkena banyak angin atau kepanasan. Lebih baik buatlah bayi Anda di rumah terlebih dahulu dan jaga kebersihan tubuh si kecil supaya tidak bertambah parah alerginya.
Itulah cara mengatasi alergi pada kulit bayi yang tepat dan benar. Anda bisa mempraktikkan ini pada bayi Anda dan semoga lekas sembuh. Dengan begitu, si kecil dapat beraktivitas lagi tanpa gangguan.


EmoticonEmoticon