Sabtu, 25 Februari 2017

Pentingnya manasik umroh sesuai sunnah

Tags

Sebelum menjalankan ibadah umroh setiap biro travel akan membekali jamaah dengan manasik umroh. Setiap jamaah sebaiknya mengerti akan pentingnya manasik umroh sesuai sunnah. Sehingga, mereka mau mengikuti aktivitas yang diadakan oleh jasa travel umroh ini. Manasik umroh dilakukan sebagai persiapan atau latihan melaksanakan tata cara ibadah umroh secara urut dan benar. 

Pada manasik umroh, calon jamaah akan mendapatkan pembelajaran baik berupa materi mapun praktik secara langsung. Dengan melakukan kegiatan ini, diharapkan jamaah bisa menjalankan ibadah sebaik mungkin dan dengan khusuk. Ibadah umroh bukan sekedar ikut-ikutan saja, melainkan ada beberapa aktivitas yang termasuk rukun, wajib dan sunnah umroh. 
foto:menatahidup.com

Selain ketiga hal tersebut, masih ada larangan saat menjalankan serangkaian ibadah umroh. Nah, kegiatan manasik ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada jamaah dan menjadikan mereka tahu mana yang harus dikerjakan dan mana yang tidak. Sehingga, ibadah umroh yang ditunaikan para jamaah menjadi syah dan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini beberapa manfaat betapa pentingnya manasik umroh sesuai sunnah :

•    Calon peserta atau jamaah diajarkan untuk mendalami esensi ibadah umroh, ilmu tauhid dan cinta terhadap Rasulullah SAW maupun Allah SWT.
•    Setiap jamaah akan lebih paham dan mengerti semua hal tentang umroh, baik itu rukun, wajib, sunnah ataupun larangan selama menunaikan ibadah umroh.
•    Calon jamaah juga diajarkan tendang do’a-do’a yang perlu dibaca saat menunaikan serangkaian aktivitas ibadah umroh. Mulai dari do’a meninggalkan rumah, niat umroh, bacaan talbiyah hingga do’a kembali ke tanah air.
•    Pentingnya manasik sesuai sunnah selanjutnya yakni peserta atau calon jamaah mendapatkan informasi terbaru dan lengkap tentang kondisi Makkah dan Madinah mengenai pelaksanaan umroh.
•    Sebagai langkah untuk menjalin silaturahmi dengan jamaah lainnya yang termasuk dalam satu rombongan biro travel umroh.
•    Adanya pembekalan dan latihan bagaimana cara melakukan thawaf, sa’i dan aktivitas ibadah umroh lainnya.
•    Diberi tahu mengenai tata cara menjalankan ibadah umroh yang urut atau tertib dan cara berdo’a yang baik di tempat-tempat terbaik untuk berdo'a.

Dari beberapa manfaat diatas, Anda pun tahu betapa pentingnya manasik umroh sesuai sunnah. Maka, dari itu jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk belajar, mendalami dan mempersiapkan diri sebaik mungkin yang telah disediakan oleh biro travel umroh. Jadikanlah kegiatan manasik sebagai jembatan menuju keberhasilan atau mabrurnya ibadah umroh yang akan Anda jalankan nanti.


EmoticonEmoticon