Jumat, 17 Februari 2017

Mengenali Perkembangan Anak Usia Balita

Ada beberapa tahapan perkembangan anak usia balita dan para orang tua harus mengetahui hal itu. Perkembangan motorik, perkembangan kognitif, perkembangan psikologis, perkembangan bahasan merupakan tahap-tahap tumbuh kembang anak. Anda perlu memperhatikan semua tahap perkembangan tersebut, kalau tidak bisa saja anak mengalami masalah yang Anda sendiri tidak tahu.
Untuk mendukung perkembangan anak, Anda harus bisa memberikan lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya. Ciptakan lingkungan yang penuh dengan kebahagiaan dan keceriaan untuknya. Hindari menunjukkan pertengkaran pada anak-anak karena dapat berdampak pada kesehatan psikologisnya. Jika anak usia balita sudah mengalami gangguan, maka ke depannya dia akan selalu bermasalah, entah dengan dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Berikut tahapannya!
foto:duniaanak.org

Tahap-Tahap Perkembangan Anak

Perkembangan motorik
Tahapan perkembangan anak yang pertama adalah daya motorik. Perkembangan motorik dibagi menjadi dua yakni motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar merupakan gerakan anggota tubuh yang berkaitan dengan penggunaan otot-otot besar atau semua anggota tubuh. Contohnya berlari, telungkup, berguling, menendang, melompat dan lainnya.
Sedangkan motorik halus merupakan gerakan yang berhubungan dengan penggunaan otot halus atau bagian anggota tubuh tertentu. Misalnya, kemampuan mencorat-coret tembok, mengguntung, menggenggam dan lainnya. 

Daya Kognitif
Perkembangan anak yang berkaitan dengan pengetahuan yaitu daya kognitif. Perhatikan cara anak dalam mempelajari dan memikirkan lingkungan sekitar. Proses perkembangan ini sudah dimulai dari lahir. Bayi sudah mempunyai kemampuan menyimpan informasi dari penglihatannya, pendengaran ataupun dari indera lainnya. Bahkan, bayi sudah bisa merespon informasi yang dia tangkap itu. Anda bisa berkonsultasi ke dokter anak perkembangan apa saja yang tepat bagi bayi usia 1, 2, 3, sampai 5 tahun. 

Perkembangan bahasa
Kemampuan anak berbicara dan berbahasa adalah perkembangan bahasa. Perlu Anda ketahui kemampuan anak dalam berbahasa ini menjadi indikator seluruh perkembangan anak. Dengan kemampuan berbahasa, Anda bisa mendeteksi kelainan atau keterlambatan perkembangan lainnya. Kepandaian anak dalam berbicara atau berbahasa tak lepas dari peran penting orang tua dan keluarga, terutama sang ibu. 

Daya Psikososial
Tumbuh kembang anak yang berhubungan dengan aspek psikologis seperti motivasi, emosi, perkembangan diri pribadi si kecil dan bagaiaman hubungan si kecil dengan orang tua atau lingkungan sekitarnya adalah perkembangan psikososial. Ini merupakan tahapan dimana si kecil mulai bertanggung jawab dan bisa mengendalikan perasaannya.
Demikianlah tahapan anak yang perlu Anda perhatikan dari si kecil.


EmoticonEmoticon