Selasa, 31 Januari 2017

Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat adalah permasalahan yang sering terjadi pada bayi karena kulit yang masih terbilang sensitif. Terlebih bayi dan anak-anak merupakan usia yang rentan karena pori-pori mereka cenderung lebih kecil dibanding pori-pori orang dewasa dan kelenjar serta saluran keluar keringat belum sepenuhnya berkembang. Biang keringat pada bayi muncul akibat cuaca yang panas dan lembab, namun bisa juga disebabkan karena kondisi bayi yang tidak stabil karena demam. 

Hal tersebut akan menyumbat pori-pori bayi sehingga membuat tubuh sulit untuk mengeluarkan keringat. Biang keringat menimbulkan rasa gatal diseluruh bagian kulit yang terkena sehingga menyebabkan si kecil seringkali tidak nyaman dan terganggu tidurnya. Nah, anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan beberapa cara mencegah biang keringat pada bayi berikut ini :
foto:satujam.com
1.    Hindari udara panas dan lembab
Cara termudah untuk menghindari biang keringat pada buah hati anda adalah dengan memudahkan si kecil ke ruangan yang lebih sejuk. Jika anda menggunakan alat pendingin ruangan seperti  ac dan kipas angun sebaiknya jangan langsung mengarahkanya pada anak anda. Anda juga bisa memakaikan topi pada anak anda bila bepergian keluar rumah sehingga anak anda tidak akan terkena sinar matahari langsung 

2.    Pakaian dari serat alami
Hindarilah pemakaian pakaian yang terbuat dari kain sintetis seperti poliester dan nilon karena akan membuatnya memerangkap panas dalam kulit bayi. Pakailah pakaian yang terbuat dari serat alami dan melonggarkannya untuk upaya pencegahan biang keringat pada bayi.

3.    Jangan sering menggendong
Menggendong bayi ketika cuaca panas sangat tidak dianjurkan karena pada kondisi ini bayi akan dihadapkan pada dua hal yaitu sengatan matahari dan suhu tubuh anda. Ada baiknya anda menidurkan bayi di ranjang agar mereka lebih leluasa untuk bergerak dan merangkak. 

4.    Gunakan lotion hanya pada saat tertentu
Jangan terlalu sering menggunakan lotion untuk membaluri kulit bayi ketika terjangkit biang keringat pada bayi karena lotion yang berlebih akan membuat ruam pada kulit menjadi lebih parah

5.    Menjaga kulit bayi tetap dingin
Tempelkan kain yang telah dicelupkan ke dalam air ke kulit bayi yang terkena biang keringat. Ini akan membuat kulit bayi tetap dingin lalu biarkan kering sendiri tanpa perlu anda keringkan menggunakan handuk. Anda juga bisa memandikan si kecil dengan air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Hal ini akan membuat biang keringat pada bayi cepat pergi dengan sendirinya karena kondisi kulit buah hati anda yang stabil.


EmoticonEmoticon